Lebah dan Lalat

Inspirasi Jum’at Mubarak
LEBAH dan LALAT

Mengapa lebah cepat menemukan bunga, sedangkan lalat cepat menemukan kotoran ? 

Karena naluri lebah hanya untuk menemukan Bunga, sedangkan naluri lalat hanya untuk menemukan Kotoran …

Lebah tidak tertarik pada kotoran, sebaliknya lalat tidak tertarik pada harum dan keindahan bunga …

Alhasil …

Lebah kaya akan madu sedangkan lalat kaya dengan kuman penyakit …

Mengapa sebagian orang menjadi buruk dan sebagian orang menjadi baik ?

Karena orang yang menjadi buruk tidak tertarik pada hal-hal yang baik (nilai-nilai keimanan), namun bila ada hal-hal yang buruk, nilai-nilai kekafiran, menyelisihi syariat, ghibah, permusuhan terhadap Islam, sampai kepada kesyirikan yang sistemik mereka begitu bersemangat tanpa pikir panjang lagi. 

Orang baik ialah orang yang tidak tertarik dan tak mau merespon akan hal-hal buruk, bahkan semua jenis yang  menyelisihi syariat, kemaksiatan, kesyirikan, isme-isme atau ideologi selain Islam, isu yang tak jelas, ghibah, dll.

Berkata Abdullah bin Abbas:
“Sesungguhnya kebaikan (kebenaran) itu memberikan cahaya pada wajah pelakunya, menjadi pelita bagi hati, memberi kelapangan rezeki, membentuk kekuatan jasad, dan membuat orang-orang mencintainya.”

Adapun sesungguhnya “kejahatan (keburukan) itu membuat muka carut-marut, memberi kegelapan dalam hati, kelemahan pada badan, mennutup pintu rezeki, dan membuat orang lain membencinya.”
(Ad Da’wad Dawa&Ibnul Qoyyim)

Jika kita seperti lebah yang menghasilkan madu (kebaikan), maka orang-orang disekeliling kita juga akan mencicipi manisnya (kebaikan).
Namun… jika kita seperti lalat, maka kuman (kebathilan) yang kita tebarkan juga akan menjerumuskan orang lain …

Janganlah engkau menjadi lalat,
Hinggap di tempat busuk dan berulat, Tak peduli apa yang dijilat, Yang penting baginya lezat dan nikmat…

Hanya karena kamu memiliki segalanya, bukan berarti kamu boleh menyombongkan diri. Tetaplah berlaku santun dalam situasi apapun.

Berbahagialah yang tak mudah tersinggung, tak mudah jengkel dan tak mudah marah, serta mudah sekali memaafkan, hati akan lapang rezeki pun datang.

Tetap Semangat…

Advertisements