Apakah hari ini anda sudah bersyukur?

Seorang pemuda yang gagah dan sehat itu setiap hari kerjaannya mengeluh saja. Nasib hidup telah merubahnya menjadi orang yang kasar dan pemarah. Pekerjaan telah membuatnya depresi. Kurang ini kurang itulah. Sterss rasanya.

Datang seorang kakek membawa koran menawarkan barang dagangannya. “Koran mas, koran. Ada banyak berita menarik hari ini.” Pemuda itu memandang tajam dengan wajah memerah. Tapi tiba-tiba urat wajah pemuda tersebut melemas setelah sejenak mengamati tubuh si kakek yang tampak aneh. Ternyata kakek itu tak lagi memiliki kedua tangannya.

Melihat tingkah pemuda yang tampak kesal dan sering mengeluh itu, si kakek bertanya, “Mas, kalau seandainya ada orang meminta satu tanganmu, dan mas dikasih uang satu miliyar, Apakah mas akan berikan?”. “Tentu tidak kek.”

Kemudian kakek melanjutkan pertanyaanya. “Kalau orang itu meminta kedua tanganmu dan mas dikasih uang lima miliyar, Apakah mas akan berikan?” “Tidak.” Sahut pemuda tersebut. “Kalau ditambah 10 Miliyar lagi, tapi kedua tanganmu, kedua kakimu, kedua matamu dan kedua telingamu diambil, apakah mas akan kasih?”

“Ya pasti tidak. Kakek fikir saya gila.”

“Hemmmm…. Nah kalau begitu cobalah engkau fikirkan dan renungkan, ternyata engkau masih punya segalanya. Bandingkan dengan saya yang tak punya kedua lengan. Maka bersyukurlah!!!. Jangan putus asa!!!.” Si kakek sambil berlalu dan meneruskan pekerjaannya. Pemuda tersebut seketika terbengong dan menunduk sadar karena sikapnya selama ini.

****

Saudaraku bersyukurlah atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Bukankah kita masih diberikan banyak keunggulan dan kesehatan sehingga semua yang ada dalam tubuh kita masih bekerja secara normal?

anda masih bisa melihat?

anda masih bisa mendengar?

anda masih bisa berjalan?

anda masih bisa bersalaman?

anda masih bisa bernafas?

Bagaimana menderitanya mereka yang sering sakit-sakitan, Bagaimana sedihnya mereka yang tak bisa melihat, tak bisa mendengar, tak bisa berjalan. Tapi mereka tetap teguh bersemangat melawan rasa kecewanya dengan terus memberikan yang terbaik dalam hidup agar kiranya orang lain dapet merasakan manfaatnya walau hanya sesaat.

Pastikanlah anda yang masih hidup dengan kasempurnaan, coba renungi dan hayati saudaraku, apakah hari ini anda sudah bersyukur kepada Allah???

 

Nurtiyas || Abyad Al-Qosim

Advertisements