Jujur membuatmu dipercaya, dicintai dan dihormati

“Orang yang berkata jujur akan mendapatkan tiga hal: Kepercayaan, Cinta , dan Rasa Hormat.” (Ali bin abi tholib)

Berkatalah jujur, maka kejujuran itu akan membawamu pada kebaikan yang berkepanjangan. Orang akan percaya kepadamu, mencintaimu dan akan menghormatimu. Dan janganlah engkau berkata dusta apalagi berbohong. Karena kedustaan akan menjerumuskanmu pada kesesatan yang memilukan. Orang akan enggan mengajakmu, membencimu dan mengacuhkanmu.

Kejujuran menjadi modal untuk seorang pemimpin. Pemimpin negeri ini harusnya bisa memiliki sifat jujur. Jika dia berkata A, maka memang seperti itulah keadaannya. Tidak dibuat-buat, dan juga tidak dilebihi atau dikurangi. Oleh karenanya menjadi orang yang jujur bukan tindakan yang mudah. Sama halnya menjadi seorang pemimpin, tidak mudah dan  sangat berat. Akan tetapi walau sulit dan berat bukan berarti tidak ada yang bisa. Tentu akan tetap ada yang bisa.

Banyak orang terdahlu yang menjadi pemimpin yang adil dan jujur. Diantaranya adalah Rasulullah. Dialah sebaik-baik tauladan bagi manusia . Ada juga para sahabat-sahabat nabi. Abu bakar, umar bin khatab, Usman bin affan, Ali bin abi tholib dan lain sebagainya. Merekalah para pemimpin yang sampai saat ini namanya harum dan terdengar jelas. Keikhlasan dan kejujuran mereka dalam menyampaikan dakwah telah membuat banyak orang percaya, cinta dan menghormatinya. Sehingga tak ada yang bisa membendung eksistensinya didalam dakwah. Walau banyak cacian, hinaan, dan cobaan yang bertubi-tubi, namun perkataan yang benar dan jujur itu telah menembus banyak hati manusia dan memberikan cahaya yang mengantarkan manusia untuk taat kepada Allah SWT.

Saudaraku. “Berkatalah jujur, dan jadilah pemimpin yang berkepribadian jujur. Agar engkau di percaya, dicintai dan dihormati.”

Nurtiyas || Abyad Al-Qosim

Advertisements