Bersusah payah dalam ibadah

Banyak orang yang bersusah payah, bekerja membanting tulang, lelah dan capek menjalani hidup di dunia ini. Namun, sungguh sangat disayangkan jikalau semua itu hanya berakhir di dunia semata. Orang yang bekerja pergi pagi pulang malam bahkan pulang dini hari, namun hanya selesai dengan bentuk upah atau laba saja, tidak menjadi ibadah. Padahal Rasulullah Saw.bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hamba-Nya bersusah-payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal.” (HR. Ad Dailami)

Kemudian, misi kita hidup di dunia adalah untuk ibadah, setiap yang kita lakukan harus bernilai ibadah. Allah Swt. berfirman, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz Dzaariyat [51] : 56)

Tidak hanya dalam urusan pekerjaan saja, dalam urusan kegiatan lain pun sama. Termasuk dalam mencari ilmu, hendaklah kita bersusah payah mencari ilmu bukan karena niat ingin dapat nilai besar saja atau karena ingin dapat ijazah saja. Namun, niatkanlah mencari ilmu karena ibadah kepada Allah Swt.

Perjuangan selalu saja memiliki rintangan. Namun, jikalau rintangan itu disikapi sebagai tantangan yang akan menaikkan kualitas diri kita, niscaya rintangan itu akan bisa dilewati dengan ringan. Demikian juga ketika kita sekuat tenaga menjauhi maksiat, godaannya akan begitu berat. Namun, jikalau niat dan tekadnya bulat lillaahi ta’ala, maka rasa lelah itu akan berbalik menjadi indah dan bernilai ibadah di hadapan Allah. Wallahu a’lam

Jangan takut tuk memulai yg baik.
Tidaklah baik jika tdk memulai.
Kalau tdk hari ini memulai… lalu kapan?
Kalau tdk kita yg mulai… lalu siapa?
NOW or NEVER.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Allah terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

Selamat Beraktifitas All 😊

Advertisements