Kebahagiaan Hidup

“Kebahagiaan Hidup”

Guru: Wahai fulan, apa yang kamu inginkan setelah kuliah?
Murid: aku ingin bekerja…
G: lalu dari kerja itu apa yg kamu harapkan?
M: Tentulah aku mengharapkan uang dari gaji yang besar.
G: setelah punya banyak uang, akan kamu gunakan untuk apa?
M: aku ingin memiliki rumah, mobil, bisnis , mendirikan pesantren dan menghajikan kedua orang tua
G: Mulia sekali. Lalu setelah kau miliki semua itu apakah kamu akan bahagia?
M: tentu aku akan bahagia
G: Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa memperoleh itu semua? Apakah kamu tetap merasa bahagia?
M: bisa jadi akan sedikit kecewa
G: aku hendak memberi pilihan, mana yang akan kamu pilih: 1. Kamu peroleh semua yang kamu impikan tapi kamu tetap merasa resah atau 2. Kamu tidak dapatkan sebagian dari impian tapi allah letakkan kebahagiaan?

***

Satu renungan yang memberi pencerahan tentang hakikat kebahagiaan.

Sahabat, Banyak orang dalam do’anya meminta uang kepada Tuhan, padahal sebenarnya yang mereka minta bukanlah uang, melainkan kebahagiaan. Mereka fikir dengan adanya uang, akan mendapatkan kebahagiaan. Padahal banyak uang belum tentu bahagia. Boleh jadi harta adalah salah satu penyumbang dari kebahagiaan, tapi ia bukan faktor utama untuk memperoleh kebahagiaan.

Sahabat, carilah kebahagiaan di muka bumi ini dengan ketaatan. Karena tidak lain Allah menciptakan kita adalah untuk beribadah kepada-Nya…
Saat hati manusia dekat dengan robb-Nya. Disanalah sakinah akan datang.

Wallahu a’lam…
Selamat beraktifitas

Abyad Al-Qosim
Pembina RIC

